UNIMED GELAR PELATIHAN PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DIGITAL BERBASIS CASE METHOD BAGI GURU FISIKA KABUPATEN KARO

KABANJAHE - Era digital telah mengubah wajah pendidikan, dan Universitas Negeri Medan (Unimed) tampil di garda terdepan dengan menghadirkan terobosan baru dalam pembelajaran fisika.

 Melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM), Unimed menyelenggarakan kegiatan Pelatihan dan Pendampingan Pengembangan Bahan Ajar dan Media Pembelajaran Digital Berbasis Case Method bagi Guru di MGMP Fisika SMA Kabupaten Karo.
Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari penuh mulai 7-9 Mei 2025 ini digelar di Gedung Zentrum GBKP Kabupaten Karo, Sumatera Utara, dengan suasana yang penuh semangat dan antusiasme tinggi dari para peserta.

Tim ahli yang dipimpin oleh Prof. Motlan, M.Sc., Ph.D menghadirkan kekuatan penuh dengan melibatkan empat anggota yang merupakan pakar terkemuka di bidangnya, yaitu Prof. Karya Sinulingga, M.S, Prof. Dr. Nurdin Siregar, M.Si, Prof. Dr. Makmur Sirait, M.Si, dan Albert Pauli Sirait, S.Pd., M.Hum.

 Kolaborasi lima profesor ini menciptakan sinergi luar biasa dalam mentransformasi cara mengajar fisika tradisional.

Program pelatihan ini menghadirkan narasumber ahli teknologi pendidikan, Dr. Jurubahasa Sinuraya, M.Pd, yang dengan penuh dedikasi memberikan materi "Karakteristik Bahan Ajar Berbasis Case Method, Perbedaan dengan Bahan Ajar Konvensional, Kerangka Pengembangan Bahan Ajar, Proses Pengembangan Bahan Ajar" pada hari pertama dan kedua kegiatan. Pemaparan beliau membuka mata para guru tentang revolusi pembelajaran yang sedang terjadi.

Prof. Karya Sinulingga, M.S, membawakan materi yang sangat relevan mengenai "Abstraksi Konsep Fisika, Miskonsepsi yang Persisten, Kesenjangan Digital Dan Akses Teknologi", memberikan wawasan mendalam tentang tantangan nyata yang dihadapi guru fisika di era digital ini.

Ketua tim pengabdian, Prof. Motlan, M.Sc., Ph.D, menyampaikan materi fundamental yang menginspirasi tentang "Pengertian dan filosofi pembelajaran berbasis Case Method serta Manfaat case method dalam pembelajaran fisika", memberikan landasan teoretis yang kokoh sekaligus membuka cakrawala baru bagi para peserta.

Prof. Dr. Makmur Sirait, M.Si, memberikan pemaparan yang sangat komprehensif dan praktis mengenai "Anatomi kasus yang efektif untuk pembelajaran fisika, Contoh pengembangan kasus untuk berbagai materi fisika SMA (Mekanika, Termodinamika, Gelombang dan Optik, Listrik dan Magnetisme, Fisika Modern), Sistem asesmen yang sesuai untuk pembelajaran berbasis kasus, serta Tantangan dan Strategi Implementasi". Materi ini menjadi highlight yang sangat ditunggu-tunggu para peserta.

Sementara itu, Albert Pauli Sirait, S.Pd., M.Hum, menutup rangkaian materi dengan pembahasan yang sangat aplikatif tentang "Overview aplikasi/platform pembelajaran fisika interaktif, integrasi Teknologi digital dalam Pembuatan Bahan Ajar dan Media pembelajaran berbasis kasus", memberikan panduan praktis yang langsung dapat diterapkan di kelas.

Pada kegiatan ini, para guru diberikan pendampingan intensif dalam pembuatan bahan ajar digital berbasis Case Method dimana bahan ajar digital tersebut dibuat berbantuan platform Canva dan Flipbook Maker.

 Yang memukau adalah melihat transformasi nyata ketika guru-guru yang awalnya ragu dengan teknologi, kini dengan percaya diri menciptakan karya digital yang menakjubkan. 

Selama kegiatan berlangsung, para guru terlihat sangat antusias dan aktif mengikuti setiap sesi pelatihan dengan penuh semangat.

Di akhir kegiatan PKM, para guru melalui Ketua MGMP Fisika Kabupaten Karo, Bapak Indra Gunawan Ginting, S.Pd, menyampaikan apresiasi tinggi dan harapan besar bahwa mereka sangat berharap Universitas Negeri Medan melalui LPPM di kemudian hari dapat melaksanakan kegiatan Pelatihan dan Pendampingan seperti ini kepada MGMP Fisika SMA Kabupaten Karo. Pernyataan ini mencerminkan keberhasilan program dan kebutuhan yang tinggi akan inovasi pembelajaran.

Kegiatan ini tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru-guru fisika SMA di Kabupaten Karo, tetapi juga menjadi katalis perubahan dalam mengembangkan bahan ajar dan media pembelajaran yang inovatif dan sesuai dengan perkembangan teknologi pendidikan terkini. 

Melalui pendekatan case method, pembelajaran fisika yang selama ini dianggap abstrak dan sulit kini menjadi lebih kontekstual, bermakna, dan menyenangkan bagi siswa.

Program pengabdian masyarakat ini merupakan wujud nyata komitmen Unimed dalam mendukung peningkatan kualitas pendidikan di daerah, khususnya dalam bidang sains dan teknologi. Para guru peserta diharapkan dapat mengimplementasikan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh untuk meningkatkan kualitas pembelajaran fisika di sekolah masing-masing, sehingga dampak positif ini dapat dirasakan langsung oleh ribuan siswa SMA di Kabupaten Karo.
Post a Comment